SUPER
TEACHER
1.
Workshop Super Teacher
Deskripsi: suatu
kegiatan pemahaman program super teacher melalui standar operasional prosedur
dengan proses pemberian gambaran umum dan praktek langsung pelaksanaan program.
Sasaran: Guru (Tenaga Pendidik)
Pemateri: Grand Trainer
Bentuk Kegiatan: Workshop
Hasil:
1.
Guru paham metode pembelajaran
sesuai kurikulum baru
2.
Dibuatnya rancangan pembelajaran
setiap guru mata pelajaran
Teknis/
Gambaran Pelaksanaan:
1.
SOP Persiapan Workshop
2.
SOP Pelaksanaan Workshop
a.
SOP Pemaparan
Awal
b.
SOP
Implementasi Pembelajaran
i.
SOP Pendahuluan
ii.
SOP Kegiatan Inti
1.
SOP Eksplorasi
2.
SOP Elaborasi
2.2.2.3 SOP Konfirmasi
iii.
SOP Penutupan
iv.
SOP Penugasan
c.
SOP Evaluasi Implementasi
3.
SOP Penutupan Workshop
2.
Follow Up Super Teacher
Sasaran: Guru (Tenaga Pendidik) dan
kepala sekolah
Bentuk Kegiatan: Pengarahan/Kunjungan
Hasil:
1.
Guru mengimplementasikan proses
pembelajaran sesuai kurikulum baru
2.
Adanya Rancangan pembelajaran
setiap guru mata pelajaran
Poin Penting (5W+1H):
1. Apa yang dimaksud dengan follow up?
2. Apa hasil/output dari follow up Super
Teacher?
3. Apa saja yang diperlukan dalam follow up
Super Teacher?
4. Apa saja hambatan yang dapat terjadi
dalam follow up Super Teacher?
5. Mengapa follow up Super Teacher harus
dilakukan?
6. Kapan follow up Super Teacher itu harus
dilaksanakan?
7. Dimana follow up Super Teacher itu dapat
dilaksanakan?
8. Siapa saja yang harus ikut serta dalam
follow up Super Teacher?
9. Bagaimana tahapan-tahapan yang harus
dilakukan dalam follow up Super Teacher?
10. Bagaimana cara menanggapi/menangani jika
follow up Super Teacher tidak terlaksana atau kurang makasimal dalam
pelaksanaannya?
Teknis/
Gambaran Pelaksanaan:
· Tim THE
NAFF datang ke lembaga
· Pihak
lembaga menyiapkan tempat, dan menginformasikan kepada perwakilan guru dengan
didampingi kepala sekolah untuk mendapatkan pengarahan (follow up workshop
super teacher)
· Tim THE
NAFF berkeliling meninjau sistem pembelajaran yang dilakukan oleh seluruh guru
yang sedang mengajar
· Tim THE
NAFF memberikan pengarahan mengenai:
1.
Tindak lanjut Hasil workshop super teacher
2.
langkah kedepan/selanjutnya
3.
Evaluasi hasil peninjauan system
pembelajaran di lembaga tersebut
3.
Implementasi
pembelajaran
Sasaran: Guru (Tenaga Pendidik)
Bentuk Kegiatan: Monev, Penilaian dan
Pendokumentasian
Hasil:
1.
Guru mempunyai hasil evaluasi (dampak positif
dan negative) dari proses pembelajaran yang baru dari sisi siswa, guru dan
sarpras.
2.
Tim THE NAFF Mengetahui kekurangan dan kelebihan
dari implementasi pembelajaran kurikulum baru di lembaga tersebut
3.
Mendapatkan nilai dari implementasi pembelajaran
kurikulum baru yang dilakukan di dalam kelas
Poin Penting (5W+1H):
1. Apa yang dimaksud dengan Monev?
2. Apa hasil/output dari Monev, Penilaian
dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru?
3. Apa saja yang diperlukan dalam Monev,
Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru?
4. Apa saja hambatan yang dapat terjadi
dalam Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran
kurikulum baru?
5. Mengapa Monev, Penilaian dan
Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru harus dilakukan?
6. Kapan Monev, Penilaian dan
Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru itu harus
dilaksanakan?
7. Dimana Monev, Penilaian dan
Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru itu dapat
dilaksanakan?
8. Siapa saja yang harus ikut serta dalam
Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum
baru?
9. Bagaimana tahapan-tahapan yang harus
dilakukan dalam Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran
kurikulum baru?
10. Bagaimana cara menanggapi/menangani jika
Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum
baru tidak terlaksana atau kurang makasimal dalam pelaksanaannya?
Teknis/Gambaran
Pelaksanaan:
· Tim THE
NAFF mendatangi setiap kelas untuk menilai proses pembelajaran di lembaga
tersebut.
· Perwakilan
guru mata pelajaran akan diundang untuk mengahadiri pengarahan yang nantinya
akan dikumpulkan menjadi satu dari seluruh perwakilan guru mata pelajaran dalam
suatau tempat di lembaga tersebut.
· Disetiap
guru mata pelajaran membawa hasil laporan system pembelajaran yang telah
dilakukan di lembaga tersebut dengan disertakan bukti foto/ video
· Hasil
evaluasi yang dibawa oleh seluruh perwakilan guru mata pelajaran akan dibahas
bersama, untuk mengetahui mana yang kurang baik dan mana yang harus lebih
dikembangkan serta apa hambatan-hamabatan.
· Diakhir
pengarahan perwakilan guru mata pelajaran akan mendapatkan materi dan bahan
evaluasi dari pembicara untuk diimplementasikan di kelas.
· Hasil
seluruh pengarahan Implementasi pembelajaran akan langsung dilihat atau dinilai
kembali pada saat penilaian sertifikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar