Kamis, 30 Januari 2014

Workshop



SUPER TEACHER
1.       Workshop Super Teacher
*   Deskripsi: suatu kegiatan pemahaman program super teacher melalui standar operasional prosedur dengan proses pemberian gambaran umum dan praktek langsung pelaksanaan program.
*                  Sasaran: Guru (Tenaga Pendidik)
*                  Pemateri: Grand Trainer
*                  Bentuk Kegiatan: Workshop
*                  Hasil:
1.         Guru paham metode pembelajaran sesuai kurikulum baru
2.         Dibuatnya rancangan pembelajaran setiap guru mata pelajaran

*                  Teknis/ Gambaran Pelaksanaan:
1.    SOP Persiapan Workshop
2.    SOP Pelaksanaan Workshop
a.             SOP Pemaparan Awal
b.            SOP Implementasi Pembelajaran
                                                 i.                   SOP Pendahuluan
                                               ii.                   SOP Kegiatan Inti
1.                   SOP Eksplorasi
2.                   SOP Elaborasi
2.2.2.3 SOP Konfirmasi
                                             iii.                   SOP Penutupan
                                             iv.                   SOP Penugasan
c.     SOP Evaluasi Implementasi 
3.    SOP Penutupan Workshop

2. Follow Up Super Teacher
*                  Sasaran: Guru (Tenaga Pendidik) dan kepala sekolah
*                  Bentuk Kegiatan: Pengarahan/Kunjungan
*                  Hasil:
1.     Guru mengimplementasikan proses pembelajaran sesuai kurikulum baru
2.     Adanya Rancangan pembelajaran setiap guru mata pelajaran
*      Poin Penting (5W+1H):
1.    Apa yang dimaksud dengan follow up?
2.    Apa hasil/output dari follow up Super Teacher?
3.    Apa saja yang diperlukan dalam follow up Super Teacher?
4.    Apa saja hambatan yang dapat terjadi dalam follow up Super Teacher?
5.    Mengapa follow up Super Teacher harus dilakukan?
6.    Kapan follow up Super Teacher itu harus dilaksanakan?
7.    Dimana follow up Super Teacher itu dapat dilaksanakan?
8.    Siapa saja yang harus ikut serta dalam follow up Super Teacher?
9.    Bagaimana tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam follow up Super Teacher?
10.    Bagaimana cara menanggapi/menangani jika follow up Super Teacher tidak terlaksana atau kurang makasimal dalam pelaksanaannya?
*      Teknis/ Gambaran Pelaksanaan:
·      Tim THE NAFF datang ke lembaga
·      Pihak lembaga menyiapkan tempat, dan menginformasikan kepada perwakilan guru dengan didampingi kepala sekolah untuk mendapatkan pengarahan (follow up workshop super teacher)
·      Tim THE NAFF berkeliling meninjau sistem pembelajaran yang dilakukan oleh seluruh guru yang sedang mengajar
·      Tim THE NAFF memberikan pengarahan mengenai:
1.   Tindak lanjut Hasil workshop super teacher
2.   langkah kedepan/selanjutnya
3.   Evaluasi hasil peninjauan system pembelajaran di lembaga tersebut
3.   Implementasi pembelajaran
*        Sasaran: Guru (Tenaga Pendidik)
*        Bentuk Kegiatan: Monev, Penilaian dan Pendokumentasian
*        Hasil:
1.    Guru mempunyai hasil evaluasi (dampak positif dan negative) dari proses pembelajaran yang baru dari sisi siswa, guru dan sarpras.
2.    Tim THE NAFF Mengetahui kekurangan dan kelebihan dari implementasi pembelajaran kurikulum baru di lembaga tersebut
3.    Mendapatkan nilai dari implementasi pembelajaran kurikulum baru yang dilakukan di dalam kelas
*        Poin Penting (5W+1H):
1.      Apa yang dimaksud dengan Monev?
2.      Apa hasil/output dari Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru?
3.      Apa saja yang diperlukan dalam Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru?
4.      Apa saja hambatan yang dapat terjadi dalam Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru?
5.      Mengapa Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru harus dilakukan?
6.      Kapan Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru itu harus dilaksanakan?
7.      Dimana Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru itu dapat dilaksanakan?
8.      Siapa saja yang harus ikut serta dalam Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru?
9.      Bagaimana tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru?
10.  Bagaimana cara menanggapi/menangani jika Monev, Penilaian dan Pendokumentasian dari implementasi pembelajaran kurikulum baru tidak terlaksana atau kurang makasimal dalam pelaksanaannya?
*                      Teknis/Gambaran Pelaksanaan:
·      Tim THE NAFF mendatangi setiap kelas untuk menilai proses pembelajaran di lembaga tersebut.
·      Perwakilan guru mata pelajaran akan diundang untuk mengahadiri pengarahan yang nantinya akan dikumpulkan menjadi satu dari seluruh perwakilan guru mata pelajaran dalam suatau tempat di lembaga tersebut.
·      Disetiap guru mata pelajaran membawa hasil laporan system pembelajaran yang telah dilakukan di lembaga tersebut dengan disertakan bukti foto/ video
·      Hasil evaluasi yang dibawa oleh seluruh perwakilan guru mata pelajaran akan dibahas bersama, untuk mengetahui mana yang kurang baik dan mana yang harus lebih dikembangkan serta apa hambatan-hamabatan.
·      Diakhir pengarahan perwakilan guru mata pelajaran akan mendapatkan materi dan bahan evaluasi dari pembicara untuk diimplementasikan di kelas.
·      Hasil seluruh pengarahan Implementasi pembelajaran akan langsung dilihat atau dinilai kembali pada saat penilaian sertifikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar