Rabu, 19 Juni 2013

Hakekat Membaca


  Hakekat Membaca
Menurut Steinbach (2002) dalam Keterampilan Belajar (Dep Pennas, 2007) membaca bukan merupakan kegiatan berteknologi tinggi, bukan pula sesuatu yang canggih, tetapi membaca masih merupakan kegiatan yang sangat cocok, sesuai dan fleksibel untuk mengumpulkan informasi. Membaca perlu dipelajari dan dilatih. Karena itu membaca merupakan salah satu aspek pembelajaran bahasa Indonesia yang harus dikembangkan.

Membaca juga merupakan proses yang sangat aktif dan membutuhkan banyak konsentrasi. Agar mampu menyerap dan memahami apa yang dibaca. Menurut UCCQ (1999) membaca yang efektif adalah bila seseorang dapat mengerti maksud dari penulis dengan jelas dan cepat tanpa perlu berlama-lama dalam proses membaca.
Menurut Wijanarko (2005:43) Jangka waktu konsentrasi anak-anak secara umum lebih kurang satu setengah kali usianya dalam satuan menit. Misalnya anak umur 6-7 tahun daya konsentrasinya mencapai 9-10,5 menit sedangkan siswa kelas V pada umumnya berusia 11-12 tahun berarti daya konsentrasinya mencapai 16,5-18 menit.
Membaca adalah keterampilan reseptif (bersifat menerima) bahasa tulis. Keterampilan membaca dapat dikembangkan secara tersendiri, terpisah dari keterampilan mendengarkan dan berbicara. Tetapi masyarakat yang memiliki tradisi literatur yang telah berkembang sering kali keterampilan membaca dikembangkan secara terintegrasi dengan keterampilan menyimak dan berbicara.
Siswa menyerap pelajaran melalui pancaindra, perasaan, dan emosinya. Secara umum daya tangkap siswa kurang lebih sebagai berikut.
1.      Mendengar satu arah dapat mencapai antara 20-30%
2.      Komunikasi dua arah dapat mencapai antara 40-50%
3.      Melihat peragaan dapat mencapai antara 50-60%
4.      Terlibat dalam peragaan, turut melakukan, mendengar,meraba, mencium dan berpartisipasi dalam adegan/ drama ( pelibatan tubuh, pancaindra, dan emosi) dapat mencapai 70-80%.
Semakin banyak indra yang terlibat, juga emosi dan perasaan siswa akan semakin tinggi daya serap siswa dalam bercerita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar