Senin, 24 Juni 2013

Aspek-Aspek pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar


Aspek-Aspek pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Secara umum menurut Gipayana (dalam Ismiasih, 2009:12) tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar terdiri dari 4 aspek yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Penjelasan ke empat aspek tersebut sebagai berikut.
1.      Aspek mendengar yaitu siswa mampu memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra.

                              Aspek berbicara yaitu siswa dapat menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan karya sastra.
3.      Aspek membaca siswa dapat menggunakan kemampuan membaca untuk memahami bacaan berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra.
4.      Aspek menulis diharapkan siswa dapat melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, pesan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks, pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra.
Aspek kebahasaan dan apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia pelaksanaannya terpadu ke dalam empat aspek bahasa tersebut. Aspek kebahasaan meliputi pemahaman/ penggunaan kalimat lengkap, tak lengkap, dalam berbagai konteks, imbuhan, penggunaan kosakata, jenis kata, ejaan, pelafalan, dan intonasi bahasa Indonesia. Mengapresiasi dan berekspresi sastra melalui kegiatan mendengarkan, menonton, membaca, dan melisankan hasil sastra berupa dongeng, puisi, drama pendek, serta menulis cerita dan puisi.

4 komentar:

  1. kasih daftar pustakanya donk!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu rangkuman saat nyimak penjelasan guru saya, saat konsultasi skripsi mbak dewiqu

      Hapus
  2. Arigatou gozaimas,, postingnya membantu banget. akhirnya pr dari Bu Gandi selesai juga. O:) ‡•ὠ•‡

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah adanya tulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan tentang kebahasaan

    BalasHapus